Jalur metabolisme protein

Fruktosa 6-fosfat diubah menjadi Fruktosa 1,6-bifosfat dengan bantuan enzim fosfofruktokinase.

Dengan bantuan enzim, sel secara sistematik merombak molekul organik kompleks yang kaya akan energi potensial menjadi produk limbah yang berenergi lebih rendah.

Beberapa zat perantara dalam reaksi redoks, antara lain flavoprotein, koenzim A dan Q serta sitokrom yaitu sitokrom a, a3, b, c, dan c1. Tirosin disintesis dari hidroksilasi phenilalanin, yang merupakan asam amino esensial.

NH3 yang tidak terpakai untuk biosintesis disekresikan dalam bentuk NH3urea, dan asam urat. Modifikasi kovalen terjadi pada sisi aktif enzim sehingga berpengaruh terhadap aktivitas enzim.

Jika kapasitas penyimpanan glikogen sudah penuh, maka karbohidrat harus dikonversi menjadi jaringan lipid sebagai cadangan energi jangka panjang. Sementara asam-asam amiino isoleusin, metionin dan valin diubah menjadi suksinil KoA selama degradasi.

Jalur Metabolisme Metabolisme Oleh : Karmanto S.Si, M.Sc.

Dalam bentuk glukosalah massa karbohidrat makanan diserap ke dalam aliran darah, atau ke dalam bentuk glukosalah karbohidrat dikonversi di dalam hati, serta dari glukosalah semua bentuk karbohidrat lain dalam tubuh dapat dibentuk.

Sintesis dilakukan dari H2O dan CO2 menghasilkan gliseraldehidfosfat melalui jalur glukoneogenesis menjadi polisakarida 14 Kontrol Metabolisme Metabolisme terdiri atas ribuan reaksi kimia yang berjalan secara simultan.

Fenilalanin dan tirosin dapat juga didegradasi secara oksidatif membentuk asam fumarat. Senyawa ini bersifat racun bagi organisme tertentu. Aerob hasil akhir asam piruvat yang masuk kedalam mitokondria melalui Asetil KoA dalam Siklus Krebs, menghasilkan: Proses ini disebut sebagai proses emulsifikasi lemak, yang berlangsung di bawah pengaruh empedu yang dihasilkan oleh hati.

Setelah jumlah residu terminal yang non reduktif bertambaah, jumlah total tapak reaktif dalam molekul akan meningkat sehinggaa akan mempercepat glikogenesis maupun glikogenolisis Mulasari dan Tri, Akhimya berbagai jenis karbohidrat diubah menjadi glukosa sebelum diikut sertakan dalam proses metabolisme.

Hal ini disebabkan sumber bahan makanan yang mengandung karbohidrat lebih murah harganya dibandingkan sumber bahan makanan kaya lemak maupun protein. Asam aspartat dan asparagin ditransaminasi menjadi oksalat, molekul antara lain dalam siklus asam trikarboksilat.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Glutamat dehidrogenase mengkatalisis aminasi reduktif alfa-ketoglutarat menjadi glutamat. Reaksi transminasi ini terjadi dalam mitokondria maupun dalam cairan sitoplasma. Dengan demikian hasil reaksi transminasi keseluruhan ialah asam glutamate Poedjiadi, Anabolisme protein berintikan biosintesis asam amino dari berbagai jalur yang merupakan kebalikan jalur katabolisme.

Sedangkan kilomikron remnant akan dimetabolisme dalam hati sehingga menghasilkan kolesterol bebas. Pencernaan - Penyerapan Makanan a. Seperti keju dan telur termasuk jenis bahan makanan seperti ikan, udang dan ikan laut lainnya merupakan kelompok sumber protein hewan yang baik, karena mengandung sedikit lemak.

Bagaimana proses transaminasi? Asam piruvat merupakan senyawa yang terbentuk pada jalur metabolism karbohidrat.• Metabolisme sekunder, jalur-jalur metabolisme yang tidak esensial bagi pertumbuhan, perkembangan, maupun reproduksi, namun biasanya berfungsi secara ekologis, misalnya pembentukan alkaloid dan.

· Jalur metabolisme yang melepaskan energi simpanan dengan cara memecah molekul kompleks disebut jalur katabolik (Campbell, ). Jalur katabolik dapat terjadi secara aerob (dengan menggunakan oksigen) dan anaerob (tanpa menggunakan oksigen).

Jalur-jalur metabolisme karbohidrat Terdapat beberapa jalur metabolisme karbohidrat yaitu glikolisis, oksidasi piruvat, siklus asam sitrat, glikogenesis, glikogenolisis serta glukoneogenesis. Secara ringkas, jalur-jalur metabolisme karbohidrat dijelaskan sebagai berikut.

· Jalur metabolisme asam amino dalam siklus asam sitrat (silahkan download makalahnya dalam format microsoft word untuk melihat gambar secara. Proporsi protein sebagai sumber energi dalam diet yang dianjurkan adalah sebesar 15%.

Asam amino merupakan sumber utama untuk glukosa melalui jalur glukoneogenesis, tetapi gliserol dari trigliserida juga dapat digunakan. Glukoneogenesis dan glikogenolisis penting untuk memback up sumber glukosa pada saat npgwebsolutions.com: Galuh Dapper. 3 Metabolisme protein dan juga asam nukleat berbeda dengan metabolisme karbohidrat dan lipid Karbohidrat dan lipid dapat disimpan dan digunakan jika.

Jalur metabolisme protein
Rated 3/5 based on 32 review